Burung Twitter

Minggu, 31 Maret 2013

Ruang Lingkup Desain Grafis Dan Desain Visual


Ruang Lingkup Desain Grafis

Secara garis besar, ruang lingkup desain grafis meliputi :
  1. Percetakan/ printing/ media cetak meliputi desain buku, majalah, poster, pamflet, periklanan, surat kabar, majalah, tabloid, dan lain-lain. 
  2. Web Desain 
  3. Animasi / film, ilustrasi, game, modeller 3D, foto digital, iklan 
  4. Desain arsitek, desain industri 
  5. sign system, logo, packaging/kemasan, etc.
Sebelum istilah desain grafis dikenal luas, orang-orang yang berkecimpung didunia grafika atau percetakan dan media mengenal istilah layouter sebagai orang yang bertugas menata letak huruf-huruf dan gambar pada bidang kertas cetak. Sebelumnya juga disebut dengan typesetter. Setelah digunakannya teknologi computer pribadi (pc) untuk membuat publikasi, pada tahun 80-an kita juga mengenal istilah desktop publishing (DTP). Istilah ini merujuk pada kemampuan computer untuk mempermudah manusia membuat publikasi, mengatur tata letak dan cetak gambar maupun teks. Dektop publishing adalah sebuah sisterm dimana terdiri atas beberapa komponen, yaitu : computer pribadi , alat pencetak (printer), mesin pemindai (scanner) dan beberapa perangkat lunak dan juga peripheral lainnya yang mendukung. Dan dalam penggunaanya tidak membutuhkan ruang dan personil yang banyak kini hal ini lazim disebut sebagai system computer grafis.
Beberapa orang menganggap istilah disain grafis merujuk pada bidang media cetak saja, seperti surat kabar, buku, poster, dan publikasi tercetak lainnya. Namun, kini dengan munculnya teknologi internet, teknologi penyuntingn video (video editing) dan efek visual, desain grafis dikembangkan istilahnya menjadi desain komunikasi visual.
Jadi seseorang yang membuat system web dengan tampilan yang menarik adalah pekerjaan sebuah desain grafis / desain visual. Tetapi orang-orang yang berkecimpung didalamnya, lebih senang menggunakan istilah desain web. demikian juga dalam hal penyuntingan video, lebih suka disebut sebagai video editor.
Mengenai banyak istilah ini, beberapa desainer grafis cukup gamang menggunakannya. Mana yang lebih tepat penggunaanya? Misalnya antara desain grafis atau desain komunikasi visual?
Menurut Suyanto : desain grafis didefinisikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan industri dan bisnis. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dari perusahaan, lingkungan grafis ;desain informasi ; dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pekerjaan desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin.
Maka desainer grafis sesungguhnya dapat bekerja di mana saja, sejauh ia dibutuhkan membuat sebuah tampilan visual.

Sumber                  :
·         http://setiadesain.wordpress.com/tag/ruang-lingkup/
·         http://smkbuana.wordpress.com/2012/08/07/definisi-dan-ruang-lingkup-desain-grafis/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tambahkan komentar sesuai hati nurani anda, dan tidak mengandung SARA